1. Mengaktifkan Recovery (Menyimpan otomatis)
a. Klik Customize Quick Access Toolbar > More Command
b. Kotak dialog Excel Options akan muncul, kemudian pilih save. Pada save documents
beri ceklis Save Autorecover Information Every dan isikan setiap beberapa menit
dokumen tersebut akan disimpan secara otomatis oleh computer.
c. Klik Ok
2. Menghilangkan Gridlines (Garis Bantu)
a. Klik Customize Quick Access Toolbar > More Commands
b. Setelah ecel option muncul, pilih Advanced. Gulung scroll bar ke bawah untuk
menemukan Show Gridlines pada Display options for this worksheet
c. Klik Ok
3. Mengaktifkan penulisan angka decimal
a. Klik Customize Quick Access Toolbar > more commands > excel option > advanced
b. Pada kotak Automatically insert a decimal point beri tanda ceklist untuk
mengaktifkannya
c. Pada Places isikan jumlah angka decimal yang akan diberikan.
d. Klik Ok
4. Menonaktifkan fasilitas AutoComplete (fasilitas yg secara otomatis dapat
melengkapi teks yang sedang kita ketikkan)
a. Klik Customize Quick Access Toolbar > more commands
b. Setelah Excel Option muncul, pilih Advanced. Dibagian Editing Options, tepatnya
pada kotak Enable Autocomplete for Cell Values hilangkan tanda ceklisnya untuk
menonaktifkan fasilitas autoComplete
5. Penganturan Worksheet
a. Menambahkan worksheet
Klik kanan tombol > Insert > Worksheet atau tekan tombol Shift+F11
b. Mengganti Nama Worksheet
Klik kanan tab worksheet yang ingin kita ganti, kemudian akan muncul kotak menu,
lalu pilih Rename
c. Menghapus Worksheet
Klik kanan tab worksheet yang akan kita hapus, lalu pilih Delete pada kotak menu
yang muncul
d. Memindahkan Worksheet
Mengklik tab worksheet yang ingin kita pindahkan, tahan dan geser ke tempat baru
e. Menyalin worksheet
Klik kanan pada tab worksheet yang ingin kita salin, kemudian pilih Move or Copy
sehingga akan muncul kotak dialog Move or Copy lalu beri tanda veklis pada Create
a copy akhiri dengan menekan Ok
f. Menyeleksi seluruh Worksheet
Klik kanan pada tab worksheet terlebih dahulu kemudian pilih Select All Sheets
pada menu
g. Mengganti warna Tab Worksheet
Klik kanan pada tab worksheet yang akan kita beri warna, lalu pada menu pilih
Tab color pilih warnanya
h. Menyembunyikan Worksheet
Klik kanan pada tab worksheet lalu pada menu pilih Hide. Worksheet tersebut akan
disembunyikan. Untuk menampilkannya kembali, klik kanan tab worksheet dan pilih
Unhide. Lalu ok
i. Memproteksi Worksheet
Klik kanan pada worksheet lalu pilih Protect Sheet. Agar lebih aman masukkan password pada kotak PassExcel to unprotect sheet, kemudian pada daftar kotak Allow all users of this worksheet to kita bias memilih beberapa tindakan yang diperbolehkan oleh pengguna lain terhadap worksheet kita. Lalu klik Ok.
Muncul kotak dialog Confirm PassExcell, lalu ketikkan lagi password pertama yang telah kita masukkan dan kembali tekan Ok
Untuk menghilangkan proteksi, caranya klik kanan pada tab worksheet. Pada menu yang muncul pilih Unprotect Sheet dan masukkan passwordnya pada kota PassExcell
Tip dan Trik Excell 2007
Diposting oleh
glory
Sabtu, 07 Maret 2009
Label: Tip dan Trik Excell 2007
0 komentar:
Posting Komentar